Translate

Selasa, 27 November 2012

tips memotret


Tips Memotret untuk Fotografer Pemula

1. Jangan Buru-Buru Menghamburkan Uang untuk Belanja Perlengkapan Mahal
Merasa punya modal lebih buat beli perlengkapan fotografi ? Pikir lagi deh. Foto yang bagus sangat mungkin didapat secara cuma-cuma. Nantinya, makin banyak foto yang kita ambil, makin banyak juga pengetahuan tentang jenis kamera yang kamu butuhin saat waktunya tiba buat meng-upgrade. Pembelian kamera baru tidak akan membuat Anda menjadi seorang fotografer yang lebih baik, hanya akan menjadikan Anda sebagai pemilik kamera keluaran baru.
2. Pertimbangkan Membeli Tripod
Buat yang belum tau, tripod itu alat yang layak untuk dibeli karena harganya tidak sebanding dengan peningkatan kualitas foto nantinya. Apalagi kalau tangan kamu tergolong tipe tangan yang gak stabil alias shaky  (gemetaran). Untuk stabilitas lebih, gunakan fungsi timer pada kamera saat menggunakan tripod atau cable release.
3. Bawa Selalu Kamera
Cepat atau lambat kamu bakal sadar bahwa kesempatan dan momen selalu datang saat tidak diharapkan. Serius. Nah, buat kamu yang peralatan fotonya tergolong simpel – tas kamera kecil dan sebuah tripod – kamu mungkin cukup hoki buat nangkep momen-momen tak terduga seperti itu. Bisa juga pake kamera handphone buat ‘mencatat’ hal yang akan kamu foto nantinya ketika kamu balik lagi dan udah bawa kamera. Namun perlu diingat juga bawa-bawa kamera itu keren, tapi lebih keren kalau kamera dikeluarkan pada saat memotret.
4. Buat Daftar Foto
Untuk saat-saat dimana kita tidak bisa atau tidak diizinkan membawa kamera, cukup bawa buku catatan kecil buat mencatat objek dan tempat yang pengen kita foto nanti. Catat juga hal-hal kecil, seperti pencahayaan, supaya nantinya kamu bisa kembali pada jam atau waktu yang sama saat cahayanya pas.
5. Jangan Lewatkan Hal-Hal Sepele
Mungkin buat kamu sudah tidak ada yang menarik di ruang keluarga atau kebun belakang rumah, tapi sesekali coba melihat dengan mata yang ‘segar’ dan bukan gak mungkin menemukan trik cahaya yang menarik atau bunga liar yang biasanya terlewat. Seringkali obyek sederhana merupakan obyek foto terbaik loh.
6. Nikmati Proses Belajarnya
Tau bagian terbaik punya hobi fotografi ? Jaminan bahwa kamu tidak akan pernah kehabisan hal buat dipelajari. Inspirasi ada di sekitar kita. Lihat segalanya dengan mata seorang fotografer dan kamu akan melihat kesempatan dan momen yang tidak pernah kamu sadari sebelumnya.
7. Manfaatkan Sumber Daya Gratis untuk Belajar
Artikel-artikel tentang fotografi bertebaran dimana-mana, di web tipsmemotret.com ini salah satunya. Gratis pula, jadi jangan pernah ragu buat nyari inspirasi dan beragam tips. Perpustakaan sekolah atau kampus juga merupakan lahan buat nyari buku-buku seputar fotografi. Kalau kamu juga tertarik dengan post-processing foto, sesekali coba ‘main’ sama software seperti GIMP.
8. Lakukan Eksperimen Dengan Settingan Kamera
Kemampuan memfoto kita mungkin bisa lebih baik dari yang kita tahu. Baca manual kamera untuk membantu mengartikan simbol-simbol asing pada kamera. Selagi menjelajahi settingan kamera, coba foto satu obyek dengan beragam setting untuk menemukan efek yang kamu suka. Saat membuka file foto dengan komputer, cek data EXIF untuk melihat kembali settingan yang kamu gunakan pas ngambil foto tersebut. You’ll be glad you did.
9. Pelajari Aturan Dasar
Informasi online mengenai fotografi sangat banyak jumlahnya. Mulai aja dari artikel tentang komposisi. Jangan lupa untuk bersifat terbuka terhadap teknik-teknik yang diajarkan para fotografer yang lebih berpengalaman. You have to know the rules before you can break them, right?
10. Ambil Foto Secara Rutin
Cobalah untuk ambil foto sesuatu setiap hari. Atau setidaknya lakukan secara rutin supaya gak lupa dengan hal-hal yang udah dipelajarin. Semacam review rutin materi lah kalau di dunia akademis
11. Jangan Takut Bereksperimen
Jeprat-jepret itu free, jadi jangan takut untuk nyoba hal-hal gila. Who knows? siapa tahu kamu menemukan hal yang kamu suka dan pastinya kamu akan belajar banyak hal selama prosesnya. Jeprat-jepret itu free, jadi jangan takut untuk nyoba hal-hal gila. Who knows? siapa tahu kamu menemukan hal yang kamu suka dan pastinya kamu akan belajar banyak hal selama prosesnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar